Jumat, 10 Oktober 2014

Computer networking

Jaringan komputer
superkomputer tercipta pada tahun 1950-an, akibaat terus berkembangnya tekhnologi, yang digunakan untuk menemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS "Time sharing system"

Pada system TTS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer, dalam proses TTS mulai nampak perpaduan tekhnologi komputer dan tekhnologi komunikasi yang ada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Kemudian pada tahun 1970, telah lebih dari sepuluh komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi atau Distributed Processing. Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.



"Proses Distribusi"

 disini terlihat, bahwasannya host komputer mempunyai tugas yang sangat berat yaitu melayani beberapa terminal yang tersambung secara pararel pada setiap host komputer.pada proses distribusi sangat mutlak dibutuh kan antara tekhnologi komputer dengan tekhnoligi komunikasi. karena selain proses yang didistribusikan host wajib melayani terminal terminalnya. selanjutnya ketika harga komputer kecil mulai turun dan konsep proses didistribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam, dari mulai menangani proses bersama-sama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer). tanpa melalui kendali komputer pusat. sejak itu mulai lah berkembang tekhnologi jaringan lokal yang di kenal dengan sebutan LAN . demikian pula ketika internet diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan satu sama lain sehingga terbentuklah jaringan raksasa WAN.

inilah kami sajikan sejarah singkat internet dan web:
1957 : Advenced research projects agency (ARPA) di bentuk oleh departement of defence (DoD) USA
1959 : Len kleinrock menulis paper tentang packet switching.
1967 : desaign awal dari ARPANET diterbitkan.
1969 : DoD mengembangkan ARPANET.
1970 : ARPANET mulai menggunakan network Control Protocol (NCP)
1972 : Internetnetworking workinggroup INWG dibentuk untuk mempromosikan standart yang sudah disepakati bersama.

bersambung......

0 komentar:

Posting Komentar